Artikel dan Berita

Agenda Ramadhan SDIT Muhammadiyah Bandar Lampung

Bandar lampung, 27 Mei 2019.  SDIT Muhammadiyah menggelar agenda rutin pada bulan Ramadhan yaitu program Safari Ramadhan, Al Ma’un (Bakti Sosial), Pesantren Siswa, Buka Bersama serta Pesantren Guru. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 23 – 29 Mei 2019 bertempat di mushola SDIT Muhammadiyah Gunung Terang.

Pada kegiatan Safari Ramadhan kegiatan dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2019, safari Ramadhan ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh PDM Kota Bandar Lampung. PDM Kota Bandar lampung berkeliling ke AUM (Amal Usaha Muhammadiyah) dan PCM yang ada di Kota Bandar Lampung selama bulan Ramadhan diisi dengan kajian-kajian Islam serta berbuka bersama dengan tujuan mempererat tali silaturahim antar pengurus Muhammadiyah dan masyarakat pada umumnya.

Pada kegiatan Al Ma’un (Bakti Sosial) siswa-siswi SDIT Muhammadiyah menggalang dana selama 1 minggu dari para orang tua wali siswa-siswi. Bantuan yang terkumpul kemudian dibagikan kepada para anak yatim, dhuafa, masyarakat fakir dan miskin disekitar lingkungan SDIT Muhammadiyah, Pembagian bantuan dalam bentuk sembako tersebut dibagikan pada tanggal 25 Mei 2019 di Musholah SDIT Muhammadiyah Gunung Terang. Kegiatan ini sudah kali ketiga terlaksana dengan baik setiap tahunnya dibulan Ramadhan. Dengan adanya kegiatan ini siswa-siswi SDIT Muhammadiyah ditanamkan sikap berbagi dan peduli sesama manusia.

Kegiatan selanjutnya yaitu pesantren siswa yang berlangsung selama 3 hari, yaitu dari tanggal 23-25 Mei 2019. Kegiatan pesantren Ramadhan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 1 hingga kelas 5 siswa-siswi SDIT Muhammadiyah. Pemateri yang menyampaikan adalah guru-guru keagamaan yang berkompeten dibidangnya. Ada beberapa materi yang disampaikan selama pesantren Ramadhan siswa, yakni tentang bersuci (thoharoh/wudhu), ibadah sholat, dan sunah-sunah di bulan Ramadhan.

Kegiatan terakhir dari pesantren Ramadhan siswa dilangsungkan dengan agenda buka bersama antara siswa kelas 3, 4 dan 5 serta guru-guru SDIT Muhammadiyah. Sebelum berbuka bersama, siswa siswi SDIT Muhamamadiyah mendapatkan siraman rohani tentang mencintai Rasululloh SAW oleh pak Ramlan. Buka bersama ini bermakna kebersamaan dan meningkatkan rasa syukur atas nikmat yang didapat dan diberikan oleh Allah SWT serta menjalin silaturahim antara guru dan siswa.

Kegiatan penutup selama Ramadhan di SDIT Muhammadiyah yaitu pesantren Guru, kegiatan yang berlangsung selama 3 hari, yaitu dari tanggal 27 hingga 29 Mei 2019 ini guru melakukan kajian-kajian Islami dengan pemateri yang berkompeten dibidangnya. Hari pertama pesantren Guru diisi oleh Ketua Piminan Cabang Muhammadiyah Panjang yaitu Ustadz H Sumarno, M. Ag dengan tema membangun insan berakhlakul Karimah.

“Membangun Akhlakul Karimah terbentuk dari lingkungan tempat tinggal orang tersebut, jika seseorang tersebut tinggal dilingkungan yang baik, maka baik pula akhlaknya, dan sebaliknya jika seseorang tinggal dilingkungan yang buruk, maka bisa jadi buruk juga akhlaknya.”

Adapun selain dari kajian Islam, guru-guru SDIT Muhammadiyah mengamalkan 10 ayat terakhir dari surah Ali Imron yang merupakan salah satu sunnah Rasullulloh SAW membaca 10 ayat terakhir tersebut ketika bangun tidur. Diakhir kegiatan yaitu sholat dzuhur berjamaah dan kultum yang disampaikan oleh guru SDIT Muhammadiyah, dengan adanya kegiatan ini meningkatkan keimanan dan ketaqwaan guru-guru SDIT Muhammadiyah, sehingga tercermin akhlak yang baik sesuai dengan syariat agama Islam dan yang telah dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *