Profil Sekolah

Sejarah Berdirinya SDIT MUHAMMADIYAH

SDIT Muhammadiyah terletak di Jl. Purnawirawan  Swadaya 5 Gunung Terang  Langkapura Bandar Lampung. Dari awal berdirinya, sekolah ini selalu berorientasi pada sumberdaya manusia yang berkualitas, beriman, dan bertaqwa dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi melalui proses pembelajaran yang baik. Sekolah ini didirikan di atas lahan seluas 4.260 m2  yang berdiri tanggal 15 Juli  2006.

SDIT Muhammadiyah didirikan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Tanjung Karang Barat dan dipelopori oleh 5 orang guru (2 orang sebagai guru kelas, 3 orang guru bidang studi untuk Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan PAI. Dalam perkembangannya sekolah ini memperluas lahan dengan jumlah luas keseluruhan (4260 + 405 + 615 + 400)= 5.680 m2.

Pada awal berdirinya SDIT Muhammadiyah terdiri dari satu kelas dengan jumlah 24 peserta didik. Pada tahun kedua jumlah peserta didik baru kelas 1 bertambah 60 peserta didik. Dan tahun berikutnya pun bertambah hingga sekarang. Pada tahun ini SDIT Muhammadiyah memiliki peserta didik lebih kurang 497 peserta didik.

Adapun dalam  perekrutan guru, sejak awal berdiri proses perekrutan guru di SDIT Muhammadiyah telah menetapkan kriteria khusus bagi calon guru. Kriteria tersebut meliputi kemampuan akademis, kemampuan membaca Al-Qur’an, Hafalan Al-Qur’an yang memadai, pemahaman tentang konsep pendidikan dan keIslaman yang baik, dan memiliki kepribadian yang baik. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas dan sejalan dengan visi misi serta tujuan sekolah telah dibangun bersama demi kemajuan sekolah di masa yang akan datang

Visi SDIT MUHAMMADIYAH

“Menjadi Sekolah Unggul di Bandar Lampung pada tahun 2020”

Misi SDIT MUHAMMADIYAH

  1. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang seimbang antara pendidikan umum dan pendidikan moral keagamaan bagi peserta didik.
  2. Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang mumpuni, profesional dan memiliki pemahaman dan pengamalan Al-qur’an yang baik dan benar.
  3. Melengkapi Sarana dan Prasarana guna menumbuh kembangkan potensi dasar/fitrah siswa (intelektual, emosional dan spiritual).

Strategi SDIT MUHAMMADIYAH

  1. Menyatukan persepsi setiap komponen sekolah
  2. Menempatkan guru sesuai dengan bidang dan keahliannya
  3. Meningkatkan profesionalitas guru
  4. Menjalin kerjasama sekolah, orang tua murid dan masyarakat
  5. Membiasakan warga sekolah berinteraksi dengan al-qur’an
  6. Membiasakan warga sekolah untuk mencintai lingkungan yang bersih, asri, dan islami
  7. Memotivasi siswa untuk cinta pada perpustakaan dan gemar membaca

Tujuan Sekolah

  1. Menghasilkan generasi unggul, beraqidah dan berakhlaq mulia yang memiliki pemahaman dan pengamalan alqur’an yang baik dan benar,
  2. Mampu bersaing secara akademis, memiliki mental yang tangguh dan ketrampilan hidup dasar untuk menghadapi tantangan kehidupan masa depan.
  3. Menciptakan generasi qur’ani yang memiliki hafalan 2 sampai dengan 3 juz.
Nama Sekolah

NSS

NPSN

Status

Akreditasi

Tahun didirikan

Alamat Sekolah

Kecamatan

Kabupaten/Kota

Provinsi

Nomor Telepon

: SDIT Muhammadiyah

: 10226004012

: 10810255

: Swasta

: A

: 2006

: Jl. Purnawirawan Gg.Swadaya V Gunung Terang

: Langkapura

: Bandar Lampung

: Lampung

: 07215601048/082306347053